Aksi Dosen Sistem Informasi ITTS di SMAN 1 Surabaya

Prodi Sistem Informasi menggelar “Pelatihan Canva di SMA Negeri 1 Surabaya” guna mendukung Pengabdian Masyarakat (Pengmas). Pengmas merupakan sebuah pilar penting dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tim Pengmas kali ini terdiri atas tiga dosen yaitu: Aris Kusumawati, S.Kom., M.Kom., Sri Hidayati, S.Si., M.Stat., dan Raulia Riski, S.Kom., M.Kom., M.M.S. Beserta delapan mahasiswa program studi Sistem Informasi semester dua: Muhammad Zhahnur Arif, Ridho Rahmatullah, Annisa Nur Salsabilla, Farid Duta Hadyanto, Fandy Sulthan Alamsyah, Fitri Rayani Siahaan, Anandito Satria Pradana, dan Ni Putu Adriana Swastika Yoga.

Melihat era digitalisasi sangat berkembang, mendorong dosen dan mahasiswa program studi Sistem Informasi Institut Teknologi Telkom Surabaya untuk memberikan pelatihan. Pelatihan ini, merupakan pelatihan menggunakan Canva berbasis Web guna menunjang berbagai desain pembelajaran yang menarik dan interaktif. Pengmas ini ditujukan untuk siswa dan guru SMA Negeri 1 Surabaya. Dari 25 peserta guru, fokus pelatihan ini yaitu mendesain slide presentasi untuk pengajaran yang lebih menarik di kelas dengan pada hari Selasa (16/08/2022). Sedangkan untuk 22 siswa yang mengikuti fokus pada pelatihan mendesain poster yang diharapkan dapat berguna untuk diterapkan dalam kehidupan siswa sehari-hari pada Jumat (30/09/2022).

“Kami diajari bagaimana menggunakan Canva mulai dari menggunakan elemen-elemen yang menarik, pemilihan gradasi warna, hingga bagaimana membuat poster kami sendiri menggunakan Canva agar hasilnya bisa sekreatif dan semenarik mungkin.” Ucap Chalisa Zahra Syafira, siswi yang menjadi juara 1 desain poster saat pelatihan Canva.

Besar harapan tim Pengmas bahwa pelatihan ini dapat diimplementasikan dengan baik di lingkup sekolah. Bapak Rusnawi, S.Pd. selaku wakil kepala sekolah menuturkan bahwa, pelatihan kali ini merupakan pelatihan yang menarik, tak hanya itu pihaknya menyambut baik dan hangat atas pelatihan canva tersebut. 

“Kami dari pihak sekolah menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat yang diusulkan oleh IT Telkom Surabaya untuk mengadakan pelatihan Canva disini. Kegiatannya dibuat dengan sangat baik dan menarik, dimana guru-guru dan siswa-siswi disini bisa lebih menambah wawasan terkait Canva untuk bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran di kelas maupun kegiatan-kegiatan lain. Harapannya semoga ilmu yang didapat pada pelatihan ini bisa terus bermanfaat kedepannya.” Tutur Wakil Kepala Sekolah, Rusnawi, S.Pd.

Tak hanya itu pelatihan canva di SMAN 1 Surabaya telah mendapat dukungan penuh dari pihak Kampus dan Pusat Teknologi Informasi IT Telkom Surabaya sehingga pengmas ini dapat terpenuhi dengan baik.
“Kegiatan ini diadakan sebagai salah satu upaya IT Telkom Surabaya dan SMA Negeri 1 Surabaya dalam meningkatkan kualitas pengajaran di era digital serta era new normal. Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari LPPM IT Telkom Surabaya serta Bagian Admisi dan PuTI IT Telkom Surabaya dalam realisasinya.” tutup, Aris Kusumawati selaku Ketua Pelaksana Pengmas tersebut. Dokumentasi mengenai pengmas ini dapat anda lihat di https://youtu.be/pjpj_NWe-OQ . Anda dapat juga melihat kegiatan dosen Sistem Informasi lainnya disini https://is.ittelkom-sby.ac.id/blog/page/2/ (RFG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Sistem Informasi ITTelkom Sby
Hallo Kak,
Apakah ada yang bisa dibantu?