ITTelkom Surabaya Dampingi Pelatihan SISTER di Perguruan Tinggi Swasta Surabaya

Tim pengabdian masyarakat Institut Teknologi Telkom Surabaya telah melaksanakan salah satu pilar Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat (Pengmas). Pengmas sendiri diharapkan dapat membantu masyarakat dalam suatu kegiatan untuk dapat meningkatkan keahlian. Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS) kerap mengadakan Pengmas dengan tujuan dapat memenuhi pilar Tri Dharma dan dapat membantu UMKM, Institusi, dan Masyarakat untuk terus bisa meningkatkan keahlian dalam bidang teknologi dan informasi. Kali ini tim Pengmas ITTS terdiri dari tiga orang dosen yaitu Purnama Anaking, S.Kom., M.Kom., Dr. Helmy Widyantara, S.Kom., M.Eng., Yupit Sudianto, S.Kom., M.Kom., serta tiga orang mahasiswa program studi Sistem Informasi: Arini Pramesta, Cahyo Saputra, dan Ghaly Pramudya Adhi Mukti.

Dengan menggandeng STAI Ali Bin Abi Thalib Surabaya sebagai mitra, Tim pengmas ITTS turut terjun untuk mengadakan instalasi dan pelatihan aplikasi Implementasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegritas (SISTER). Dengan SISTER STAI Ali Bin Abi Thalib, dapat melakukan perubahan data secara digital. Tidak hanya itu dengan SISTER dosen dan tendik dapat melengkapi data dasar yang ada di PDDikti secara real-time dalam bentuk portofolio terkait aktivitas penelitian, publikasi, dan pengabdian masyarakat yang dijalankannya serta aktivitas lainnya.

“STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya masih melakukan perubahan data dosen (PDD) secara manual sementara Ditjen Sumberdaya Iptik Dikti (SDID) telah memberikan arahan tentang SISTER di lingkungan perguruan tinggi negeri maupun swasta,” Ujar Purnama Anaking , selaku Ketua Pelaksana.

Kegiatan yang telah dilakukan selama enam bulan ini, telah menerapkan 5 Tahap dalam pelaksanaannya yaitu 

  1. Studi literatur
  2. Uji Coba Aplikasi SISTER
  3. Penyusunan modul pelatihan dan materi presentasi
  4. Proses instalasi aplikasi SISTER
  5. Pelatihan / workshop

“Kegiatan ini dilakukan selama 6 bulan. Selain itu, kami memberikan kegiatan pendampingan instalasi, konfigurasi awal, sampai bisa akses melalui browser secara online,” imbuhnya.

Di lain sisi, melakukan instalasi sistem aplikasi ataupun web bukanlah hal yang baru bagi perguruan teknik, khususnya di program studi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, karena terdapat mata kuliah diantaranya Pemrograman Aplikasi Bergerak (Mobile Programing), Pemrograman Web, dan Perancangan Sistem Informasi. Dokumentasi mengenai pengmas ini dapat anda lihat di https://youtu.be/pjpj_NWe-OQ . Anda dapat juga melihat kegiatan dosen Sistem Informasi lainnya disini https://is.ittelkom-sby.ac.id/blog/page/2/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Sistem Informasi ITTelkom Sby
Hallo Kak,
Apakah ada yang bisa dibantu?