Rumusan capaian pembelajaran (CP) program studi S1 Sistem Informasi ITTelkom Surabaya disusun dengan mengacu pada kualifikasi KKNI level 6 dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang tercantum dalam Lampiran Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Permenristekdikti) No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI), serta rumusan Kurikulum Inti Program Studi Sarjana Sistem Informasi dari APTIKOM. Terdapat empat unsur dalam capaian pembelajaran (CP), yaitu Sikap (S), Pengetahuan (P), Keterampilan Umum (KU), serta Keterampilan Khusus (KK). Deskripsi CP yang mencakup unsur Sikap dan Keterampilan Umum mengacu pada SN-DIKTI dalam Lampiran Permenristek No. 44 Tahun 2015. Sementara untuk deskripsi Keterampilan Khusus dan Pengetahuan merujuk pada rumusan yang rumusan Kurikulum Inti Program Studi Sarjana Sistem Informasi dari APTIKOM. Daftar rumusan capaian pembelajaran (CP) Program Studi S1 Sistem Informasi ITTelkom Surabaya diperlihatkan sebagai berikut:

Aspek Sikap
  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Memiliki sikap untuk belajar seumur hidup (life-long learning).
Aspek PENGETAHUAN
  1. Menerapkan konsep-konsep probabilitas dan statistik untuk menganalisis data guna mendukung pemecahan masalah
  2. Menjelaskan konsep dan teori dasar logika dan struktur diskrit untuk mendukung permodelan dan penganalisaan masalah.
  3. Menginterpretasikan dan menyajikan hasil analisis data dalam bentuk dan format yang dimengerti oleh pihak yang berkepentingan.
  4. Mengidentifikasi beberapa bahasa pemrograman beserta karakteristiknya.
  5. Menjelaskan tahapan pengembangan perangkat lunak.
  6. Menjelaskan prinsip-prinsip dasar dalam pengembangan basis data.
  7. Mengidentifikasi dan merancang basis data sesuai dengan kebutuhan organisasi.
  8. Mengimplementasikan rancangan basis data pada suatu DBMS.
  9. Menjelaskan prinsip-prinsip dasar dari integritas, keamanan dan tingkat kerahasiaan data pada suatu basis data.
  10. Memilih teknik dan perangkat data mining untuk membantu dalam pemecahan masalah.
  11. Menjelaskan arsitektur dasar dari suatu sistem computer.
  12. Mengidentifikasi kebutuhan sistem operasi dari suatu sistem computer.
  13. Mengidentifikasi kebutuhan jaringan dari suatu organisasi.
  14. Mengidentifikasi dan menformulasikan kebutuhan keamanan sistem informasi dari suatu organisasi.
  15. Mengidentifikasi prinsip-prinsip dan konsep dasar pengelolaan suatu bisnis organisasi.
  16. Mengidentifikasi regulasi, kebijakan dan prosedur bisnis yang berdampak pada implementasi sistem informasi.
  17. Menjelaskan bagaimana informasi dapat digunakan untuk membantu dalam perencanaan operasi dan pengendalian suatu bisnis organisasi.
  18. Menjelaskan berbagai teknik dan metoda pengambilan keputusan dalam pemecahan masalah organisasi.
  19. Menjelaskan komponen organisasi, teknologi dan manusia dari sistem informasi.
  20. Menjelaskan bagaimana organisasi dapat menggunakan sistem informasi untuk kepentingan kompetitif.
  21. Menjelaskan bagaimana sistem informasi dapat mendukung proses pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.
  22. Mengidentifikasi dampak sistem informasi terhadap organisasi, aktivitas bisnis, masyarakat maupun individu.
  23. Menjelaskan berbagai metodologi pengembangan sistem informasi.
  24. Menjelaskan pentingnya keterkaitan antara strategi bisnis dan sistem informasi dalam menunjang efisiensi dan efektifitas investasi organisasi.
  25. Menjelaskan konsep dasar dari pengelolaan proyek sistem informasi (SI).
  26. Mengidentifikasi dan memformulasikan ruang lingkup proyek sistem informasi.
  27. Mengidentifikasi dan mendokumentasikan risiko-risiko proyek, serta menawarkan alternatif solusinya.
  28. Menjelaskan aspek-aspek quality assurance pada suatu pengelolaan proyek sistem informasi.
  29. Menjelaskan dasar-dasar sistem enterprise dan isu-isu dalam penerapannya.
  30. Menjelaskan bagaimana peranan sistem enterprise dalam mengintegrasikan area fungsional bisnis.
  31. Berfikir kritis, mengidentifikasi akar masalah dan pemecahannya secara komprehensif, serta mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data.
Aspek KEterampilan umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  10. Mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non-teknis.
  11. Memimpin dan bekerja dalam tim, mandiri dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.
Aspek KEterampilan khusus
  1. Menerapkan konsep dan teori dasar pemrograman komputer untuk membantu memecahkan masalah.
  2. Merancang topologi dari suatu jaringan computer.
  3. Menggunakan ICT untuk mendukung bisnis proses.
  4. Melakukan pengukuran kinerja sebuah proses bisnis.
  5. Menggunakan berbagai perangkat dan metoda untuk menganalisis aliran dan struktur informasi dalam proses organisasi.
  6. Menggunakan UML untuk memodelkan rancangan konseptual dari suatu sistem informasi.
  7. Merancang sistem informasi sesuai dengan prinsip-prinsip user centred design.
  8. Menerapkan perangkat dan teknik untuk perencanaan proyek seperti CPM, Gantt Chart, Program Manajemen Project.
  9. Mengaplikasikan konsep dasar basis data dan prinsip pemrograman untuk mengembangkan sistem aplikasi.
  10. Mengevaluasi analisis biaya, manfaat dan risiko dari penerapan sistem enterprise.